Tips Minum Madu Yang Baik dan Benar

Madu merupakan zat manis semacam sirup yang dihasilkan lebah dari nektar tumbuhan berbunga. Lebah mengumpulkan nektar serta setelah itu memakan, mengolah serta memuntahkannya di dalam sarang buat menciptakan madu. Madu disimpan dalam struktur lilin yang disebut sarang lebih yang dikumpulkan oleh manusia melalui praktik peternakan lebah.

madu

Banyak tipe madu yang ada, berbeda bersumber pada sumber tumbuhan, tata cara ekstraksi serta apakah mentah ataupun telah dipasteurisasi. New Zealand tidak cuma diketahui dengan keelokan alamnya. Superfood asal negara ini pula diakui memiliki khasiat luar biasa dalam melindungi kesehatan sampai kecantikan kulit. Salah satu superfood dari New Zealand merupakan Madu Manuka.

Madu manuka adalah jenis madu yang banyak nutrisinya ketimbang jenis madu lainnya. Madu ini berasal dari lebah manuka di New Zealand. Kandungan yang ada pada madu manuka dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti asam lambung, jerawat dan eksim, Methicillin-Resistent Staphylococcus Aureus (MRSA), Luka bakar, borok, bisul dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, madu manuka juga bisa rahasia kulit para perempuan. Kandungan nutrisi yang dimiliki madu manuka ialah Vitamin B (B6, B1, B3, B2, dan B5), Kalsium, Tembaga, Zat besi, Magnesium, Fosfor, Zinc, Sodium dan Kalium. Madu manuka yang memiliki kandungan nutrisi empat kali lebih besar dari madu biasanya.

Berikut ini cara minum madu yang benar agar manfaatnya bisa maksimal :

  • Jangan dicampur dengan air panas

Sebagian orang kerap kali mengombinasikan madu dengan air panas. Perihal ini diyakini bisa melindungi kesegaran badan serta membantu proses detoksifikasi pada tubuh. Anda dapat mengombinasikan madu dengan air hangat optimal dengan temperatur 60 derajat celcius. Lebih dari itu, temperatur panas bisa mengganggu komposisi nutrisi pada madu.

  • Mengkonsumsi madu saat sebelum tidur

Madu bisa membantu meredakan batuk ataupun sakit tenggorokan siang serta malam. Minum, minuman hangat dengan madu di dalamnya saat sebelum tidur bisa membantu mengatasi batuk di malam hari. Menambahkann madu ke dalam secangkir teh yang nantinya bisa meredakan indikasi anda sehinggan membantu anda untuk tidur lebih nyaman dan rileks. Jangan minum yang memiliki kandungan kafein sebab dapat menimbulkan anda akan susah untuk tidur.

  • Perhatikan dosis

Madu dapat mengatasi bermacam penyakit. Tidak hanya itu isi vit serta mineral pada madu membuat zat ini dapat membantu menaikan sistem kekebalan imun. Sebaiknya  mengkonsumsi madu minimal satu sendok teh sekali minum serta jumlahnya 2- 3 kali satu hari.

Takaran madu yang dianjurkan terkait takaran untuk mengkonsumsi madu, sebaiknya meminum madu dianjurkan satu sendok makan setiap kali minum untuk orang dewas. Sedangkan untuk anak-anak dapat mengkonsumsi madu sebanyak satu sendok teh.

Kelebihan Madu Manuka dibandingkan dengan Madu biasa

  1. Madu Manuka Lebih Efektif Mengatasi Jerawat

Kehebatan manuka dengan kandungan anti-bakterinya kerap kali dimanfaatkan untuk mengobati berbagai masalah kulit umum, seperti jerawat dan penuaan dini. Bahkan, beberapa brand skin care sudah mulai menjadikan kandungan madu ini sebagai bahan dasar utama perawatan wajah

  1. Luka Lebih Cepat Sembut Dengan Madu Manuka

Madu manuka yang memiliki banyak manfaat membuat bahan alami ini sering dimanfaatkan dalam dunia medis. Tidak hanya penyakit ringan seperti flu dan radang tenggorokan, madu ini juga efektif dalam mempercepat proses penyembuhan luka serius atau luka bakar. Saat mengobati luka, kandungannya akan menarik cairan bening dan menghilangkan infeksi sekaligus mengasamkan pH kulit untuk mempercepat proses penyembuhan dan memicu peremajaan sel kulit.

  1. Kandungan Madu Manuka Lebih Kompleks Dibanding Madu Biasa

Madu manuka merupakan madu monofloral yang diproduksi lebah madu Eropa dari bunga pohon manuka. Di New Zealand, pohon Manuka tumbuh subur di wilayah yang jauh dari sentuhan tangan manusia, polusi, maupun pestisida. Hal ini pun berpengaruh pada kualitas pohon manuka yang tetap terjaga. Sama seperti madu pada umumnya, madu manuka memiliki kandungan karbohidrat, vitamin, kalsium, zat besi, maupun sodium. Bedanya, jumlah kandungannya ini empat kali lipat lebih banyak dari madu biasa. Yang lebih istimewanya lagi, madu dari pohon manuka memiliki kandungan methylglyoxal (MGO) yang bersifat anti-bakteri. Madu ini juga diperkaya asam fenolat yang kaya anti-oksidan, peptida anion kation untuk membantu regenerasi sel kulit, dan mikronutrein untuk memperbaiki kesehatan organ tubuh dan juga fungsi hormon.

  1. Madu Manuka Sebagai Alternatif Pengobatan Penyakit Pernapasan

Secara uji klinis madu manuka telah dapat dibuktikan kemampuannya sebagai alternatif dari obat antibiotik dalam perawatan cystic fibrosis. Ini adalah suatu infeksi pernapasan yang disebabkan bakteri mematikan. Berdasarkan penelitian di Universitas Oxford, madu manuka mengandung hidrogen peroksida efektif menangani infeksi saluran pernapasan atas (URTI).

  1. Madu Manuka dapat melindungi sistem pencernaan

Madu manuka mengandung prebiotik yang merupakan makanan dari probiotik. Probiotik merupakan bakteri baik di dalam usus besar yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Menurut penelitian, madu dapat meningkatkan pertumbuhan dan aktivitas dari Bifidobacteria, salah satu probiotik yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Para peneliti menemukan, madu manuka yang memiliki sekian banyak manfaat guna untuk menghindari penyakit sistem pencernaan seperti  irritable bowel syndrome (IBS). Penyakit diare, sembelit, sakit perut, sampai buang air besar tidak teratur menjadi gejalanya madu manuka diketahui mempunyai kandungan antibiotik yang berkhasiat sebagai obat untuk penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

.

 

Tips Minum Madu Yang Baik dan Benar
Scroll to top